Kamis, 04 Mei 2017

TAMAN REKREASI TIRTONADI

           Taman Rekreasi Tirtonadi

     Obyek wisata ini merupakan taman rekreasi yang banyak diminati khususnya kalangan remaja dan anak-anak. Letaknya berada di jantung Kota Blora, tepatnya Jl. Sudarman Blora. Obyek wisata ini pernah mengalami kejayaan hingga akhir tahun 1960-an. Pada saat itu, tempat ini dikenal masyarakat dengan sebutan Kebun Binatang Taman Tirtonadi, karena merupakan satu-satunya taman rekreasi yang berada di jantung kota dengan satwa-satwa yang pelihara, dan tumbuh-tumbuhan yang lebat alami. Sarana wisata yang ada di taman rekreasi itu antara lain : beberapa jenis satwa piaraan, mainan anak-anak, patung binatang, seperangkat gamelan dan lain-lain.

     Di dalam obyek wisata ini terdapat 2 bangunan yaitu penggung terbuka dan pantisari yang sering digunakan untuk pentas seni budaya daerah, lomba karaoke dan sebagainya. Sedangkan bangunan pantisari dan panggung terbuka digunakan untuk pertemuan-pertemuan kecil, pembinaan pramuka, tempat peristirahatan betsantai, berlatih seni dan sebagainya.

     Di dalam kompleks ini terdapat Museum Mahameru, yang menjadi pusat ajang memamerkan benda-benda bersejarah yang merupakan kekayaan budaya Blora, lokasinya berada di sisi masuk sebelah selatan. Di depannya terdapat Stasiun Radio RSPD Gagak Rimang milik Pemerintah Kabupaten Blora. Keduanya menyempurnakan kelengkapan sarana dan prasarana Tirtonadi sebagai Taman Budaya. Di berbagai kesempatan, tradisi syawalan digelar dengan menampilkan penari Tayub se-Kabupaten Blora yang selalu dipentaskan di lokasi ini. Demikian pula pertunjukan ketoprak atau Wayang Orang untuk disiarkan langsung oleh RSPD Gagak Rimang juga diselenggarakan secara rutin di Taman Tirtonadi.

Source : Buku Panduan Wisata Kabupaten Blora

Tidak ada komentar:

Posting Komentar