Kamis, 04 Mei 2017

KEDUNGPUPUR BLORA

                  KEDUNGPUPUR

     Pemandian ini terletak di Desa Ledok, Kecamatan Sambong. Tepatnya kurang lebih 4 km ke utara dari jalan raya Blora Cepu. Pada mulanya pemandian ini merupakan fasilitas rekreasi bagi keluarga pekerja minyak di kawasan tersebut. Sebagaimana diketahui, Desa Ledok adalah lokasi pengeboran minyak pertama yang dilakukan oleh Adrian Stoop. Oleh karena itu pemandian ini merupakan pemandian tertua yang ada di Kabupaten Blora.

     Ukuran kolam renang ini kurang lebih 15×40 m, berada di pinggir hutan jati Perhutani dan berada di dekat kawasan mata air Ledok. Di masa lalu, objek wisata ini cukup terkenal, bahkan pada hari-hari libur dan  hari raya tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata bagi masyarakat Blora dan sekitarnya.

     Pemandian ini dibangun tanpa tembok penutup kolam, sehingga warga masyarakat dengan bebas dapat memanfaatkannya. Selain itu, karena letaknya berada di sekitar hutan jati, tempat ini terasa sejuk dan nyaman untuk dikunjungi. Dan sekarang, Pemkab Blora mulai menggali kembali potensi yang ada di objek wisata ini.

     Tempat pemandian ini dulunya sering digunakan oleh para pedagang/pembeli untuk bercermin serta berdandan menggunakan daun pupur. Karena disekitar daerah tersebut terdapat pasar tradisional yang sangat ramai, sehingga warga dari daerah Cepu, Jepon, Jiken, Dengok banyak yang menjajakan atau bahkan membeli barang-barang yang mereka butuhkan di pasar tradisional tersebut.

Source : Buku Panduan Wisata Kabupaten Blora

Tidak ada komentar:

Posting Komentar