Rabu, 03 Mei 2017

Pesona Waduk Tempuran Blora

               WADUK TEMPURAN

     Obyek wisata ini terletak di Desa Tempurejo, Kecamatan Blora berjarak kurang lebih 10 km ke arah timur Kota Blora. Memiliki fungsi multi guna, disamping sebagai irigasi tanah pertanian, juga untuk pembinaan olah raga dayung, lahan perikanan, dan lahan kepariwisataan.

     Dibangun tahun 1917, secara bertahap dilakukan renovasi untuk pengembangannya. Bagi masyarakat Blora, Waduk Tempuran juga sering dijadikan arena untuk menggelar Turnamen olah raga air, dari yang berskala lokal hingga provinsi. Disinilah tempat atlet-atlet dayung Kabupaten Blora berlatih. Hasilnyapun lumayan mengagumkan. Tidak sedikit atlet yang berlatih diwaduk ini mencatat prestasi yang membanggakan diberbagai event olahraga, baik ditingkat nasional, seperti : Pekan Olahraga Nasional (PON) maupun tingkat international, seperti Sea Games dan Asian Games.

     Dengan latar belakang perbukitan yang memanjang dari utara ke selatan, disekeliling waduk ini ditumbuhi aneka pepohonan yang rindang. Sementara itu, hamparan sawah yang luas di bawah waduk menjadi pemandangan yang menarik yang menyejukkan mata. Layaknya Danau Toba di Sumatera Utara yang berhias Pulau Samosir, ditengah-tengah Waduk Tempuran juga terdapat semacam pulau kecil. Disitulah terdapat Dusun Juwet, satu-satunya dusun Desa Tempurejo yang terpisah dari dusun-dusun lainnya.

     Sebagai ikon wisata di Blora, Waduk Tempuran yang dilengkapi dengan fasilitas cafe berdesain tradisional tersebut, memiliki beberapa gubug makanan yang menghadap langsung ke danau. Para pengunjung dapat menikmati pemandangan kearah waduk disisi timur, yang dipisahkan oleh jembatan. Salah satu menu andalan di cafe tersebut adalah ikan bakar, dimana pengunjung dapat memilih langsung ikan dari kolam yang disediakan. Terdapat juga tenda-tenda yang menghadap ke panggung pertunjukan mini, dimana pada hari dan jam tertentu disajikan live musik oleh kelompok musik lokal.

Source : Buku Panduan Wisata Kabupaten Blora

Tidak ada komentar:

Posting Komentar