Rabu, 03 Mei 2017

GOA TERAWANG BLORA

                   GOA TERAWANG

     Goa Terawang terletak di Desa Kedungwungu, Kecamatan Todanan 35 km arah barat Kota Blora. Goa Terawang merupakan objek wisata alam yang berbentuk di dalam batu gamping pegunungan kapur berumur kira kira 10 juta tahun yang lalu. Wanawisata ini berada pada ketinggian 172 m dpl, mempunyai suhu udara 21,8 C - 36,6 C dengan curah hujan 1.570 mm per tahun dan topografi datar bergelombang.

     Kawasan wisata Blora Goa Terawang merupakan kompleks goa yang memiliki enam goa dalam satu kawasan, ini terbanyak di Jawa Tengah. Di dalam kawasan seluas 13 ha itu terdapat satu goa induk, satu sebdang, dan lima goa kecil lainnya. Goa ini merupakan satu-satunya goa yang didalamnya terang di siang hari karena terkena sinar matahari. Di kompleks wanawisata Goa Terawang terdapat kawasan arena bermain anak yang terletak 50 m dari mulut Goa Terawang yang terasa sejuk karena dipayungi ratusan pohon jati besar.

     Cahaya yang masuk ke dalam goa itu menciptakan bias sinar matahari yang memberi kesan tersendiri. Ada nuansa "pencerahan" pada berkas-berkas cahaya yang jatuh menimpa bagian-bagian tertentu dinding goa. Goa Terawang berada di bawah permukaan tanah dengan kedalaman 5-12 m. Panjang jalur terowongan goa terpanjang 180 m, terpendek 70 m lebar goa 3-5 m. Selain itu juga terdapat goa-goa kecil yang masih berada satu kawasan seperti Goa Kidang, Goa Gombak, Goa Bebek, Goa Macan, Goa Kuncir dan Goa Landak.

     Kawasan hutan lindung Goa Terawang yang luas seringkali dijadikan arena perkemahan oleh pengunjung yang memang bertujuan untuk bermalam. Pengunjung wisata harian juga bisa menikmati jalur setapak dan mengikuti rambu-rambu yang telah disediakan.

Terimakasih...
Source : Buku Panduan Wisata Kabupaten Blora

Tidak ada komentar:

Posting Komentar